Menu Navigasi

Featured Image

Pendahuluan

PKKS
dipublish pada 25 Nov 2023
PKKS SMA NEGERI 1 AJIBARANG
SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dimaksudkan untuk menilai kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dalam mengelola, mengembangkan dan memajukan satuan pendidikan. PKKS dilakukan  secara rutin setiap tahun oleh pejabat berwenang seperti Pengawas Sekolah dan atau Kepala Dinas Pendidikan yang dalam pelaksanaanya    kepala sekolah, memberdayakan dan melibatkan seluruh stake holders satuan pendidikan seperti para wakil kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, perwakilan orangtua, komite sekolah dan peserta didik.

Dalam pedoman dan instrument terbaru, unsur-unsur yang dinilai dalam PKKS diantaranya adalah kompetensi kepemimpinan, pengelolaan sumber daya, rencana pengembangan sekolah, hubungan stake holders dan pencapaian akademik maupun prestasi. Sedangkan metode dalam penilaian PKKS diantaranya melalui visitasi dan observasi langsung di lapangan, wawancara, evaluasi dokumen dan bukti fisik serta survey kepuasan oleh stake holders seperti orang tua, peserta didik dan komite sekolah.

Salah satu manfaat dan outcome PKKS adalah untuk meningkatkan kinerja, prestasi dan kualitas pelayanan pendidikan di satuan pendidikan yang secara massif kolektif pada akhirnya akandapat  meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu juga dalam rangka untuk memberikan analisa, evaluasi, rekomendasi dan  masukan - masukan yang bermanfaat kepada satuan pendidikan dalam rangka peningkatan efisiensi, efektifitas, profesionalitas, kinerja, prestasi dan pengembangan sekolah secara komprehensif.

Dengan kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas seluruh pihak di SMA Negeri Ajibarang, dengan semangat gotong royong, bahu membahu saling mendukung, saling melengkapi, saling menguatkan dan saling memotivasi, insyaAllah seluruh warga sekolah berkomitmen untuk menjalankan amanah dan tugas dengan penuh tanggungjawab sebagai salah satu wujud syukur atas karunia hidup sehat dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa serta kesempatan mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Ajibarang, 28 Oktober 2023
Kepala Sekolah

 

SAIDAN, S.Pd.
Share:

Discussion (1)

Markdown cheatsheet.

Said van Bouman Avatar Said van Bouman

5 bulan yang lalu

May this bring mercies blessings and benefits for all of us